Cara Mempercepat Kinerja Adobe Premier Pro - Anti Lemot dan Nge Lag - Pondok Editor

Cara Mempercepat Kinerja Adobe Premier Pro – Anti Lemot dan Nge Lag

  • Bagikan

Pondok Editor – Sebagai Seorang Editor Video, terutama yang menggunakan software Adobe Premier Pro, pasti kalian pernah atau sering mengalami hal ini, yakni kinerja adobe premier kalian melambat atau lemot. Adobe Premier Pro yang lemot pasti membuat kita kesal dan mood menjadi berantakan saat sedang asik atau sedang deadline video dari klien, bahkan editanpun menjadi tidak maksimal. Tentunya hal ini sangat mengganggu pekerjaan kita, terutama untuk seorang Editor Video Profesional.

Nah, pada artikel kali ini, penulis akan bagikan bagaimana cara mengatasi kinerja adobe premier yang melambat atau lemot. Sebelum ke pembahasan bagaimana cara mengatasinya, lebih baik kita pahami dulu apa saja penyebab dari melambatnya kinerja Adobe Premier Pro. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Adobe Premier Pro menjadi lemot.

banner 728x90

1. Spesifikasi Laptop/PC tidak mendukung Adobe Premier Pro
2. Local Disk C Full
3. Penyimpanan atau RAM pada Adobe Premier Pro habis
4. Terlalu banyak Cache yang tersimpan
5. Terlalu Banyak Temporari Files yang masih tersimpan

Cara Mengatasi :

1. Pastikan Spesifikasi Laptop/ PC kalian mendukung dengan versi dari Adobe Premier Pro yang akan kalian instal.

  • Jika spesifikasi laptop/PC kalian tidak mendukung. Tenang! kalian tetap bisa mencobanya dengan cara, kompres semua video dari kamera kalian ke format yang lebih kecil, setelah itu baru kalian masukan video ke dalam software Adobe Premier Pro nya.
  • Jika Adobe premier kalian tetap lemot, rubah tampilan preview dari full menjadi 1/4.

2. Kosongkan ruang penyimpanan Local Disk C kalian.

Kebanyakan orang ketika mulai melakukan sebuah project editing baru menyimpan semua file yang ada di local disk C. hal ini sangat tidak di sarankan, karena membuat proses kinerja dari komputer kalian menjadi lambat. Mengapa lambat ? karna pada dasarnya, Lokal Disk C adalah tempat berlangsungnya sebuah proses. entah proses dari adobe premier maupun software lainnya.

3. Setting Penyimpanan RAM di dalam software Adobe Premier Pro kalian.

  • Buka Adobe Premier Pro – Klik Edit di bagian menu atas – Kemudian pilih Preferences di paling bawah – pilih Memory – Pada pilihan RAM reserved for other applicatons (Sesuaikan dengan RAM komputer (Installed RAM) kalian, atur 1 angka lebih kecil) – Kemudian di bagian bawah atur Optimize Rendering ke Performance
4. Hapus Cache dari Laptop/ PC kalian.

Ada 2 Cara menghapus Cache yaitu melalui software Adobe Premier Pro langsung dan melalui penyimpanan Local Disk C pada komputer.

a.) Hapus Cache di dalam software Adobe Premier Pro.

  • Buka Adobe Premier Pro – Klik Edit di bagian menu atas – Kemudian pilih Preferences di paling bawah – pilih Media – Kemudian klik Clean (Tenang file kalian tetap aman, yang kehapus hanyalah sampah dari penyimpanan lama kalian) – Klik OK
b.) Hapus Cache melalui penyimpanan Local Disk C pada komputer.
  • Buka File Exploler (Windows + E) – Pilih Local Disk C – kemudian pilih Users – pilih nama Komputer kalian – pilih Appdata (jika tidak terlihat klik view pada menu diatas kemudian centang Hidden Items)Klik Roaming – pilih Adobe – pilih Common – Kemudian hapus semua data dari folder Media Cache Files dan Media Cache.
5. Hapus Temporary Files dengan cara
  • Buka Cmd (Windows + R) – ketik %temp% – Kemudian Ctrl + A (hapus semua file yang tersimpan) – Selesai

Sangat mudah bukan, kalian tidak perlu resah lagi jika Laptop/PC kalian lemot ketika editing video menggunakan Adobe Premier Pro. Sekian dulu Tutorialnya, jika ada pertanyakan silahkan bertanya di kolom komentar. Terimakasih dan Selamat Berkarya !

  • Bagikan
banner 800x200

Tinggalkan Balasan